RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK HARIAN
(RPPTH)/ RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI SANATA DHARMA
Kelas/Semester : IV / 1(satu)
Tema : 1.
Indahnya Kebersamaan
Subtema :3.
Bersyukur Atas Keberagaman
Pembelajaran ke : 5
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
(KI):
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran
No
|
Kompetensi
Dasar
|
No
|
Indikator
|
No
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Bahasa
Indonesia
|
|||||
1.1
|
Menerima dan menjalankan agama
yang dianutnya.
|
1.1.1
|
Berdoa
menurut agama masing-masing tanpa mengganggu teman yang beragama lain.
|
1.1.1.1
|
Siswa
mampu membuat sebuah kalimat doa menurut agamanya di dalam kelas
|
2.1
|
Menunjukkan sikap cermat dan
teliti, tertib, dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, serta tidak
mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
|
2.1.1
|
Menunjukkan
sikap mengikuti aturandalam menyusun teks laporan hasil pengamatan tentang
bunyi
|
2.1.1.1
|
Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menyusun teks laporan sesuai dengan aturan.
|
3.1
|
Menggali informasi dari teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi, panas, bunyi, dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosa kata baku
|
3.1.1
|
Menyebutkan
isi teks laporan hasil pengamatan
|
3.2.1.1
|
Setelah
membaca teks laporan hasil pengamatan, siswa mampu menyebutkan isi teks
laporan dengan tepat
|
4.1
|
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi, dan cahaya dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
|
4.1.1
|
Menyusun
kerangka laporan
|
4.1.1.1
|
Siswa
mampu menyusun sebuah kerangka laporan dengan tepat
|
4.1.2
|
Menyusun
teks laporan hasil pengamatan tentang bunyi dalam Bahasa Indonesia tulis
menggunakan kosa kata baku
|
4.1.2.1
|
Setelah
melakukan perngamatan, siswa dapat menyusun sebuah teks hasil laporan
pengamatan tentang bunyi dalam bahasa tulis menggunakan kosa kata baku.
|
||
4.1.3
|
Memperbaiki
kosa kata tidak baku dalam teks laporan hasil pengamatan
|
4.1.3.1
|
Setelah membuat teks hasil pengamatan, siswa mampu
memperbaiki 2 kosa kata tidak baku menjadi baku
|
||
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
|||||
1.1
|
Bertambah
keimanannya dengan menyadarihubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1
|
Mampu
bersyukur kepada Tuhan, karena telah menciptakan telinga yang sehat untuk
dapat mendengar
|
1.1.1.1
|
Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu mengucapkan sebuah kalimat syukur karena
memiliki telinga yang sehat.
|
2.1
|
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
inkuiri ilmiah dan berdiskusi
|
2.1.1
|
Menunjukkan perilaku hati-hati dalam melakukan pengamatan.
|
2.1.1.1
|
Ketika
melakukan pengamatan, siswa mampu menunjukkan sebuah perilaku berhati-hati.
|
3.5
|
Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran
|
3.5.1
|
Membedakan
bunyi pantul gema dan gaung.
|
3.5.1.1
|
Setelah
melakukan pengamatan, siswa mampu menyebutkan 2 perbedaan bunyi pantul gema
dan gaung.
|
4.18
|
Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi
|
4.18.1
|
Menyimpulkan
hasil pengamatan
|
4.18.1.1
|
Siswa
mampu membuat dua kesimpulan hasil laporansetelah melakukan pengamatan
|
C. Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
1.
Teks
laporan hasil pengamatan
2.
Kerangka
laporan
IPA
1.
Sifat-sifat
Bunyi
D.
Pendekatan,
Model, dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :
Tematik integratif dan Inquiry
2. Model :
Cooperativelearning
3.
Metode :
Permainan, diskusi, tanya-jawab, simulasi (melakukan/memperagakan), penugasan.
E.
Media, Alat/Bahan,
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :peraga
pemantulan bunyi,
2.
Alat/Bahan :kertas,
buku, piring kaca, piring kaleng, piring plastic, papan kayu, gabus, arloji,
dua tabung kertas
3. Sumber Belajar:
Kemendikbud. 2014, Buku
Guru Tema 1 Kelas IV: Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kemendikbud.h. 120-128.
Kemendikbud. 2014, Buku
Siswa Tema 1 Kelas IV: Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kemendikbud. h. 94-
100
Alam-lingkungan di
sekitar sekolah dan di sekitar tempat tinggal siswa.
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Penggalan 1
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan
salam kepada siswa.
2.
Guru meminta salah
satu siswa untuk memimpin doa.
3.
Guru melakukan
presensi dan mencatat siswa yang tidak hadir.
Motivasi
4. Guru menyiapkan LCD dan
proyektor
5. Guru menampilkan power point
6. Guru memotivasi siswa dengan permainan “Sebut Warnaku,
Bukan Tulisanku”
7. Siswa diajak untuk
menyebutkan warna-warna yang ditampilkan dan mengabaikan tulisan yang
terdapat pada tampilan
Apersepsi
8.
Guru mengajak siswa
untuk bermain kata berantai mengenai sifat-sifat bunyi
Orientasi
9.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa dibagi menjadi
4 kelompok dengan cara berhitung
2.
Guru menempelkan
beberapa kertas di papan tulis
3.
Guru meminta siswa
untuk bergabung sesuai dengan angka yang disebutkan oleh siswa.
4.
Guru memberikan
tanda pengenal pada setiap kelompok
5.
Guru membagikan LKS
pada siswa
6.
Guru meminta ketua
kelompok untuk mengambil kertas berisi alat dan bahan yang di tempel di papan
tulis.
7.
Siswa diajak mencari
alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pengamatan
8.
Siswa diminta
kembali ke kelompok masing-masing.
9.
Guru meminta salah
satu perwakilan setiap kelompok untuk mengambil kertas selanjutnya yang
berisi langkah-langkah
pengamatan.
Mengamati
10. Siswa diajak untuk membaca dan mencermati setiap
langkah-langkah pengamatan.
Menanya
11. Siswa bertanya mengenai langkah-langkah pengamatan.
Menalar
12. Siswa diajak untuk membuat hipotesis pengamatan
Mencoba
13. Siswa diajak untuk menyusun alat dan bahan sesuai dengan
langkah-langkah pengamatan.
14. Guru sesekali menannyakan kesulitan yang dialami siswa.
15. Guru meminta siswa
membuat kesimpulan laporan hasil pengamatan berdasarkan pengamatan
yang telah dilakukan
Mengomunikasikan
16. Siswa menyampaikan hasil kesimpulan laporan pengamatan di
depan kelas
|
85 menit
|
Penutup
|
Menyimpulkan
1. Guru
menyampaikan kesimpulan pembelajaran.
2. Guru
mempersilakan siswa untuk beristirahat
3. Guru
memberi nasehat siswa untuk tidak jajan sembarangan dan berhati-hati ketika
istirahat
|
10 menit
|
Penggalan 2
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan
salam
2.
Guru menanyakan
aktivitas siswa saat istirahat
3.
Guru menanyakan
siswa yang belum ada di kelas
Motivasi
4. Guru memotivasi siswa agar tetap semangat dengan tepuk
semangat dan permainan “Ya Angkaku Ya”
5. Siswa diajak untuk berhitung
mulai dari satu sampai selesai
6. Guru menyebutkan suatu
angka, anak yang saat berhitung mendapatkan angka tersebut harus mengayakan
“Ya”
7. Langkah 6 diulang sebanyak 4
kali
Apersepsi
8.
Guru mengulas
permainan “Ya Angkaku Ya”
Orientasi
9. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru membagikan LKS
pada setiap kelompok
2.
Guru meminta siswa
untuk mengisi data diri pada LKS
3.
Guru membagi sebuah
amplop yang berisi potongan-potongan kerangka laporan pada setiap kelompok.
4.
Guru meminta siswa
membuka amplop
Mengamati
5.
Guru meminta siswa
untuk menyusun kerangka laporan dengan urutan yang tepat.
6.
Guru meminta siswa
mengecek kembali kerangka laporan yang telah disusun
7.
Guru meminta siswa
untuk menempelkan potongan kertas pada LKS
Menanya
8.
Guru meminta siswa
untuk menuliskan hasil penyusunan kerangka laporan di depan kelas.
9.
Guru bertanya kepada
siswa mengenai kerangka laporan yang di buat apakah sudah sesuai atau belum.
10. Guru meminta siswa untuk membuka LKS pada lembar
selanjutnya
Mencoba
11. Siswa diajak untuk membuatlaporan hasil pengamatan
tentang bunyi yang sesuai dengan kerangka yang telah dibuat bersama kelompok
Mengomunikasikan
12. Guru meminta siswa menyampaikan hasil pengamatan di depan
kelas
|
60 menit
|
Penutup
|
Menyimpulkan
1. Guru
menyampaikan kesimpulan pembelajaran.
2. Guru
mempersilakan siswa untuk beristirahat
3. Guru
memberi nasehat siswa untuk tidak jajan sembarangan dan berhati-hati ketika
istirahat
|
5 menit
|
Penggalan 3
|
||
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan
salam
2.
Guru menanyakan
aktivitas siswa saat istirahat
3.
Guru menanyakan
siswa yang belum ada di kelas
Motivasi
4.
Guru memotivasi
siswa agar tetap semangat dengan tepuk semangat dan permainan “Ucapkan Aku,
Jangan Rebut Aku”
Apersepsi
5.
Guru mengajak siswa
untuk bermain kata berantai untuk menyusun kalimat secara berurutan atau
mengular
Orientasi
6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diminta untuk menukarkan
hasil laporan pada kelompok lain
Mengamati
2.
Siswa diajak untuk
meneliti laporan hasil pengamatan kelompok lain
Menanya
3.
Siswa saling
bertanya mengenai kosa kata baku atau tidak baku yang ada di teks laporan
hasil pengamatan
Menalar
4.
Siswa menentukan
kosa kata baku dan tidak baku dari laporan hasil pengamatan kelompok lain
Mencoba
5.
Siswa diminta untuk
memperbaiki kosa kata yang tidak baku
Mengomunikasikan
6.
Siswa menempel tidak
baku beserta pembetulannya
|
50 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan
1. Siswa
bersama guru membuat kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan
selama satu hari
Refleksi
2. Siswa
merefleksikan apa yang telah didapat selama kegiatan pembelajaran secara
lisan
Post test
3. Guru
membagikan soal post test
4. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
5. Guru
meminta siswa untuk mengumpulkan LKS dan soal post test yang telah dijawab
Tindak lanjut
6. Guru
memberikan tindak lanjut (PR) kepada siswa mengenai sifat-sifat perbedaan
gema dan gaung.
7. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
8. Guru
memberikan nasehat untuk berhati-hati ketika pulang
9. Guru
berdoa bersama siswa
|
10 menit
|
G.
Teknik
Penilaian
Bahasa Indonesia
Ranah
|
Indikator
|
Jenis/Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Pengetahuan
|
3.1.1
Menyebutkan
isi teks laporan hasil pengamatan
|
Tes tertulis
|
Tes Lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Keterampilan
|
4.1.1Menyusun kerangka laporan
|
Proyek
|
Tugas dan format penilaian
unjuk kerja
|
Rubrik penilaian proyek
|
4.1.2 Menyusun teks laporan hasil pengamatan tentang bunyi dalam Bahasa
Indonesia tulis menggunakan kosa kata baku
|
Proyek
|
Tugas dan format penilaian
unjuk kerja
|
Rubrik penilaian proyek
|
|
4.1.3 Memperbaiki kosa kata tidak baku
dalam teks laporan hasil pengamatan
|
Proyek
|
Tugas dan format penilaian
unjuk kerja
|
Rubrik penilaian proyek
|
|
Sikap Sosial
|
2.1.1 Menunjukkan sikap mengikuti aturan dalam menyusun teks laporan hasil
pengamatan tentang bunyi
|
Observasi
|
Contrengan
|
Rubrik pengamatan
|
Sikap Spiritual
|
1.1.1 Berdoa menurut agama masing-masing tanpa mengganggu teman yang beragama
lain.
|
Observasi
|
Contrengan
|
Rubrik pengamatan
|
Ilmu Pengetahuan Alam
Ranah
|
Indikator
|
Jenis/Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Pengetahuan
|
3.5.1
Membedakan
bunyi pantul gema dan gaung.
|
Tes tertulis
|
Isian Singkat
|
Soal tes isian singkat
|
Keterampilan
|
4.18.1Menyimpulkan hasil pengamatan
|
Proyek
|
Isian Skor
|
Rubrik penilaian proyek
|
Sikap Sosial
|
2.1.1 Menunjukkan perilaku hati-hati dalam melakukan pengamatan.
|
Observasi
|
Contrengan
|
Rubrik pengamatan
|
Sikap Spiritual
|
1.1.1 Mampu bersyukur kepada Tuhan, karena telah menciptakan telinga yang
sehat untuk dapat mendengar
|
Observasi
|
Contrengan
|
Rubrik pengamatan
|
Yogyakarta,
………………………..2014
Menyetujui, Mahasiswa
Dosen
Galih Kusumo S. Pd., M.
Pd. Anindita
Nawangsari (141134170)
Sofia
Putri Wahyu Utami (141134197)
Lembar Kerja
Siswa
NAMA:...............................................
Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
1.1.1.1
Siswa mampu berdoa menurut agamanya masing-masing.
2.1.1.1 Setelah melakukan pengamatan
siswa mampu menyusun teks laporan sesuai dengan aturan.
3.2.1.1 Setelah membaca teks laporan
hasil pengamatan, siswa mampu merangkum sebuah teks hasil pengamatan tentang
bunyi dengan menggunakan kosa kata baku.
4.1.1.1 Siswa dapat menyusun sebuah teks
hasil laporan pengamatan tentang bunyi dalam bahasa tulis menggunakan kosa kata
baku.
4.1.2.1 Setelah melakukan
perngamatan, siswa dapat menyusun sebuah teks hasil laporan pengamatan tentang
bunyi dalam bahasa tulis menggunakan kosa kata baku.
4.1.3.1 Setelah membuat teks hasil
pengamatan, siswa mampu memperbaiki 2 kosa kata tidak baku menjadi baku
ILMU PENGETAHUAN
ALAM
1.1.1.1 Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu mengucapkan sebuah kalimat syukur karena memiliki telinga yang
sehat.
2.1.1.1 Ketika melakukan pengamatan siswa
mampu menunjukkan sebuah perilaku berhati-hati.
3.5.1.1 Setelah melakukan pengamatan,
siswa mampu menyebutkan 2 perbedaan bunyi pantul gema dan gaung
4.18.1.1 Siswa mampu membuat dua
kesimpulan setelah melakukan pengamatan
Petunjuk Kegiatan
1. Berilah
namadi sudut kanan atas LKS!
2. Kerjakanlah
kegiatan-kegiatan dalam LKS dengan sungguh-sungguh!
3. Kerjakanlah
kegiatan-kegiatan dalam LKS dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar!
Kegiatan Belajar 1
Kegiatan Belajar
2
1.
Kegiatan Belajar 3
TIDAK BAKU
|
BAKU
|
LAMPIRAN
PENILAIAN
A.
Muatan
Pelajaran: Bahasa Indonesia
1.
Pengetahuan
Indikator
|
3.1.1
Menyebutkan
isi teks laporan hasil pengamatan
|
Teknik Penilaian
|
Tes Lisan
|
Instrumen
|
Daftar pertanyaan
|
Soal
Sebutkan isi teks laporan hasil pengamatan yang kamu
tulis!
Rubrik Penilaian:
No.
|
Nama Siswa
|
Ketepatan urutan
|
Ketepatan isi
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
Ketepatan urutan
Skor 4 :
Urutan laporan benar semua
Skor 3 :
Urutan laporan salah 2
Skor 2 :
Ururtan laporan salah 3-5
Skor 1 :
Sama sekali tidak urut
Ketepatan isi
Skor 3 :
Isi yang disampaikan sangat sesuai dengan laporan yang ditulis
Skor 2 :
Isi yang disampaikan kurang sesuai dengan laporan yang ditulis
Skor 1 :
Isi yang disampaikan sangat tidak sesuai dengan laporan yang ditulis
Pedoman penskoran:
Nilai siswa:
2. Keterampilan
Indikator
|
4.1.1Menyusun kerangka laporan
|
4.1.2
Menyusun teks
laporan hasil pengamatan tentang bunyi dalam Bahasa Indonesia tulis
menggunakan kosa kata baku
|
|
4.1.3
Memperbaiki kosa kata tidak baku dalam teks laporan
hasil pengamatan
|
|
Teknik Penilaian
|
|
Instrumen
|
Tugas dan format penilaian unjuk kerja
|
Tugas:
1. Susunlah kerangka laporan dengan urutan
yang tepat!
2. Buatlah laporan hasil pengamatanmu sesuai
dengan urutan kerangka laporan yang benar!
3. Carilah kosa kata laporan hasil pengamatan
milik temanmu! Kemudian perbaikilah!
Rubrik Penilaian dan Pedoman penskoran:
1. Menyusun Kerangka Laporan
Rubrik penilaian
:
No.
|
Nama Siswa
|
Ketepatan urutan
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
Ketepatan urutan
Skor 4 : Urutan sangat tepat
Skor 3 : Ada 2 urutan yang
terbalik
Skor 2 : Ada 3-5 urutan terbalik
Skor 1 : sama sekali tidak urut
Pedoman Penskoran :
Nilai akhir:
2.
Penyusunan
teks laporan hasil pengamatan
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Langkah
|
Pembahasan
|
Kesimpulan
|
Nilai akhir
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
Keterangan :
Langkah
Skor 3 :
Langkah-langkah pengamatan sangat urut dan tepat
Skor 2 :Ada
langkah kegiatan yang tertukar
Skor
1 : Langkah kegiatan
sangat tidak tepat
Pembahasan
Skor 2 :Pembahasan
lengkap
Skor
1 : Pembahasan tidak
lengkap
Kesimpulan
Skor 2 :Kesimpulan
tepat
Skor
1 : Kesimpulan tidak
tepat
Pedoman Penskoran :
Nilai akhir:
3.
Perbaikan
kosa kata tidak baku menjadi baku
Rubrik Penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Skor
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
Pedoman Penskoran :
Skor 3 : Dapat menemukan minimal 1
kosa kata tidak baku dan dapat memperbaiki kesalahan dengan tepat
Skor 2 : Dapat menemukan minimal 1
kosa kata tidak baku tetapi tidak dapat memperbaiki
Skor 1 : Tidak dapat menemukan kosa
kata tidak baku
3.
Sikap
Sosial
Indikator
|
2.1.1
Menunjukkan
sikap mengikuti aturan dalam menyusun teks laporan hasil pengamatan tentang
bunyi
|
Teknik Penilaian
|
Observasi
|
Instrumen
|
Lembar pengamatan sikap berskala
|
Lembar Pengamatan
Sikap:
No.
|
Nama Siswa
|
Mengikuti Aturan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
Pedoman penskoran :
Mengikuti aturan
Skor 4 :
Patuh dan maun mengikuti aturan
Skor
3 : Kurang bisa mengikuti atuan
Skor
2 : Perlu pengawasan guru
Skor 1 :
Perlu bimbingan khusus
Nilai akhir:
2
Sikap
Spiritual
Indikator
|
1.1.1 Berdoa
menurut agama masing-masing tanpa mengganggu teman yang beragama lain.
|
Teknik Penilaian
|
Observasi
|
Instrumen
|
Lembar observasi
dengan skala
|
Tugas:
Berdoalah dengan
kusyuk!
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap berdoa
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
Pedoman penskoran:
Perilaku berdoa
|
Skala
|
Sikap
|
Keterangan
|
Selalu berdoa
dengan kusyuk dan tidak mengganggu teman yang lain
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
Selalu berdoa
dengan kusyuk tetapi pernah mengganggu teman yang lain
|
3
|
B
|
Baik
|
Kadang-kadangberdoa
dengan kusyuk
|
2
|
C
|
Cukup/ sedang
|
Tidak pernah
berdoa dengan kusyuk
|
1
|
K
|
kurang
|
Nilai akhir =
B.
Muatan
Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam
1.
Pengetahuan
Indikator
|
3.5.1
Membedakan
bunyi pantul gema dan gaung.
|
Teknik Penilaian
|
Tes tertulis
|
Instrumen
|
Soal tes tertulis
|
Soal
Tuliskan perbedaan
bunyi gema dan bunyi gaung!
Rubrik Penilaian:
No.
|
Nama Siswa
|
Skor
|
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
||
9.
|
||
10.
|
||
11.
|
Ketepatan urutan
Skor 4 : Dapat menjelaskan perbedaan bunyi
gema dan gaung dengan tepat dan jelas
Skor 3 : Dapat menjelaskan perbedaan bunyi gema dan gaung dengan
tepat tetapi kurang jelas
Skor 2 : Dapat
menjelaskan salah satu bunyi dengan tepat dan jelas
Skor 1 : Tidak
dapat menjelaskan perbedaan bunyi gema dan gaung
Pedoman penskoran:
Nilai siswa:
2. Keterampilan
Indikator
|
4.18.1Menyimpulkan hasil pengamatan
|
Teknik Penilaian
|
Proyek
|
Instrumen
|
Isian
skor
|
Tugas:
Buatlah kesimpulan mengenai pengamatan yang baru saja
kamu lakukan!
Rubrik Penilaian dan Pedoman penskoran:
4. Menyusun Kerangka Laporan
Rubrik penilaian
:
No.
|
Nama Siswa
|
Cakupan isi
|
4.
|
||
5.
|
||
6.
|
Cakupan isi
Skor 4 : Kesimpulan benar, tepat, dan jelas, serta
mencakup keseluruhan
Skor 3 : Kesimpulan benar, tepat, dan jelas, namun
belum mencakup keseluruhan
Skor 2 : Kesimpulan
kurang tepat sehingga tidak jelas namun mencakup keseluruhan
Skor 1 : Kesimpulan
tidak ada hubungannya denngan pengamatan
Pedoman penskoran:
Nilai akhir:
3.
Sikap
Sosial
Indikator
|
2.1.1 Menunjukkan
perilaku hati-hati dalam melakukan pengamatan.
|
Teknik Penilaian
|
Observasi
|
Instrumen
|
Lembar observasi
dengan skala
|
Tugas:
Lakukan pengamatan dengan hati-hati!
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap berhati-hati
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
Cakupan isi
Skor 4 : Sikap tenang dan tidak menjatuhkan benda
apapun
Skor 3 : Sikap tenang dan tidak menjatuhkan benda yang
mudah pecah
Skor 2 : Sikap mudah panik, sehingga benda sering
jatuh
Skor 1 : Sikap sangat mudah panik, sehingga sering
menjatuhkan benda, dan menjatuhkan benda yang mudah pecah
Pedoman penskoran:
Nilai akhir:
Indikator
|
1.1.1 Mampu
bersyukur kepada Tuhan, karena telah menciptakan telinga yang sehat untuk
dapat mendengar
|
Teknik Penilaian
|
Observasi
|
Instrumen
|
Lembar observasi
dengan skala
|
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap berhati-hati
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
Pedoman penskoran:
Perilaku berdoa
|
Skala
|
Sikap
|
Keterangan
|
Selalu mengucap syukur
|
4
|
SB
|
Sangat Baik
|
Sering mengucap syukur
|
3
|
B
|
Baik
|
Kadang-kadang mengucap syukur
|
2
|
C
|
Cukup/ sedang
|
Tidak pernah mengucap syukur
|
1
|
K
|
kurang
|
Nilai akhir =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar